Cara Ampuh Mengatasi Iklan Google Adsense Yang Tidak Muncul (Blank)


Iklan Google Adsense kalian tiba-tiba tidak mau muncul di blog? hal itu beberapa kali saya alami dan pada akhirnya menemukan solusi terbaik untuk mengatasi itu semua. perhatikan betul-betul hal apa saja yang menyangkut masalah ini.

Ada 7 hal yang paling dasar dan sering dialami oleh publisher adsense akan hal ini, google juga telah memperingatkan dan memberikan solusinya dalam bantuan google adsense. jika ke 7 hal ini tidak berpengaruh, untuk itu cobalah cara terampuh agar iklan adsense kembali muncul, baca sampai selesai.

Mengatasi Iklan Adsense Yang Tidak Mau Muncul

ini dia 7 hal yang google adsense answer telah rekomendasikan, alasan ini yang paling umum terjadi, antara lain:
  • Akun adsense anda sebelumnya pernah ditolak
  • Masalah browser dan pencekalan iklan
  • Kode adsense belum terpasang dengan benar
  • Akun adsense anda hosted dan menerapkan iklan ke domain TLD
  • Belum memasukan PIN adsense
  • Iklan tertutup script template
  • JavaScript di browser tidak aktif 
7 hal ini yang plaing sering terjadi, menyebabkan iklan google adsense tidak mau muncul (blank). mari kita bahas satu per satu

1. Akun adsense anda sebelumnya pernah ditolak
Jika pada awalnya akun adsense kalian tidak disetujui, server google adsense telah diperintahkan untuk tidak menayangkan iklan Google dan fungsi adsense penelusuran pada situs manapun yang terkait dengan akun tersebut (bersifat sementara).

Saat Google memperbarui tentang status akun, kemunculan iklan google akan tertunda hingga 48 jam (2 hari), sementara fungsi adsense penelusuran dapat tertunda hingga satu minggu.

2. Masalah browser dan pencekalan iklan
Biasanya browser kalian terlalu banyak chace jadi iklan adsense tidak mau muncul. untuk itu hapus chace dan cookie pada browser. juga lihat ekstensi adblocker, biasanya iklan google dicekal ekstensi pencekal iklan (adblocker) matikan ekstensinya. seperti yang ada pada UCbrowser.

3. Kode adsense belum terpasang dengan benar
Untuk ini saya tidak begitu paham dengan gamblang, namun biasanya masalah ini, antara lain:
  • Kode adsense tidak lengkap
  • Semua kode ditampilkan dalam satu baris
  • Kode berisi tag HTML tambahan didalamnya
tiga masalah diatas ini yang ditulis dalam adsense answer, tapi saya akan menjelaskan hal paling umum tentang pemasangan kode adsense yang mengakibatkan iklan tidak mucul, untuk itu baca hingga selesai.

4. Akun adsense anda hosted dan menerapkan iklan ke domain TLD
Akun adsense hosted yaitu akun yang daftar melalui blogger atau youtube dan ingin memasang ke domain tld (top-level domain) maka iklan tidak akan muncul karena akun adsense berstatus hosted.

untuk akun google adsense hosted dan non-hosted itu seperti apa? akun hosted itu saat kalian mendaftar adsense melalui blogger atau youtube (menggunakan extensi domain .blogspot.com) dan non-hosted yaitu akun yang didaftarkan langsung melalui google adsense dan menggunakan extensi domain TLD (seperti: .com, .net).

5. Belum memasukan PIN Adsense
Jika kalian belum memasukan PIN pada batas waktu yang ditentukan/batas waktu berakhir. memungkinkan iklan tidak akan ditayangkan lagi pada web/blog yang terkait dengan akun tersebut.

6. Iklan tertutup script template

Biasanya ini terjadi karena script iklan kita tertutup oleh elemen lain, disebabkan oleh susunan DIV atau tag lainnya yang menutupi script iklan kita. untuk mengatasianya silahkan pindahkan kode adsense ke lokasi yang lain dan lihat iklan bisa muncul atau tidak.

7. JavaScript di browser tidak aktif

Nah, perlu diperhatikan juga javascript pada browser anda, jika javascript tidak aktif silahkan untuk mengaktifkannya dan lihat apa iklan bisa muncul atau tidak? cara membukanya yaitu (untuk chrome):
  • Klik "settings" yang ada pada menu bagian kanan atas browser anda
  • Pada menu setting pilih "privacy and security
  • Pilih menu "Content Settings" lalu akan muncul menu lagi
  • Pilih "JavaScript" dan klik untuk allowed javascript

itu dia ketujuh hal yang direkomendasikan oleh google adsense answer dan hal itu sering terjadi. ada tambahan dari saya yang pernah mengalami hal yang sama, perhatikan hal berikut ini:

+Tambahan Ampuh!!! Juga Sering Dialami

1. Gunakan script adsense yang "Synchronous"
Jika kalian menggunakan script adsense yang Asynchronous biasanya akan mengalami blank ads atau iklan tidak muncul karena script ini terbilang baru dan sering kali tidak stabil dan mengakibatkan iklan tidak muncul.

Untuk itu gunakan script "Synchronous" lihat seperti gambar dibawah ini. setelah itu dijamin iklan akan muncul, namun hanya script iklan Synchronous saja yang dapat muncul, script Asynchronous tidak akan muncul untuk sementara; jenis iklan yang tidak dapat diatur codenya, antaralain: Responsive dan Native Ads.

jika kalian ada iklan yang menggunakan script Ansynchronous lebih baik biarkan saja nanti akan membaik dengan sendirinya. tidak usah khawatir, biasanya 1-2 hari akan kembali membaik dan iklan akan muncul.

Menggunakan Script Synchronous
2. Terkena banned google adsense
Jika iklan tetap tidak muncul juga, hati-hati akun anda terkena banned dari google adsense, waspadai penyebab terkena banned google adsense. untuk melihat apakah blog anda terkena banned google adsense atau tidak, silahkan cek di bannedcheck.

3. Otorisasi situs pada akun google adsense aktif
Google adsense mempunyai fitur otorisasi situs, jadi jika mengaktifkan otorisasi situs pada akun adsense anda otomatis akun akan mengamankan unit iklan agar tidak dapat tayang di sembarangan situs, hanya situs yang terotorisasi saja yang bisa tayang.

biasanya terjadi ketidak sengajaan menekan/mengaktifkan otorisasi situs di adsense. ketika otorisasi aktif hanya situs yang terverifikasi pada akun adsense saja yang dapat dimunculkan iklannya.
untuk melihat aktif atau tidak, caranya seperti ini:
  • Masuk akun adsense kalian
  • Tekan menu "Settings"
  • Pilih "My Sites"
Lalu lihat, apakah disitu Site Authorizationnya aktif atau tidak. untuk merubah aktif atau tidak aktifnya, pilih tiga titik vertikal sebelah kanan setelah itu pilih site authorization.

Itu dia penyebab-penyebab yang sering terjadi. jangan takut untuk tetap berexperiment, kenali hal-hal yang menurut kalian dapat mengganggu munculnya iklan.

hal utama yang harus di perhatikan mengenai iklan yang blank atau tidak mau muncul di blog:

  • Akun hosted dipasang ke domain TLD
  • Terhalang AdsBlocker
  • Jenis Script Asynchronous
  • Verifikasi PIN
  • Review adsense tahap ke-2
  • Tertutup elemen lain
  • Terlalu banyak widget atau script pada blog
  • Unit iklan baru
  • Terkena banned adsense

Atau kalian juga dapat mengatasinya dengan cara ini:


Itu saja pembahasan mengenai Cara Ampuh Mengatasi Iklan Google Adsense Yang Tidak Muncul (Blank), semoga kalian dapat terbantu. Happy Blogging!!!

Related Posts