Mengenal Smart Pricing Adsense Dan Penyebabnya Serta Cara Mengatasinya


Apa itu Smart Pricing? Smart Pricing atau yang dikenal dengan penetapan harga cerdik adalah suatu fitur yang dimiliki Google Adsense untuk mengurangi biaya perklik (BPK) atau cost per click (CPC) untuk para publisher adsense, cara ini digunakan untuk melindungi para advertiser dari kerugian. agar tidak sembarangan situs mendapatkan nilai klik yang besar.

Memang situs Google Adsense adalah situs yang paling dipercaya dan terjamin untuk para pengiklan dan juga para publisher iklan, semua berjalan sesuai prosedur yang ada, sehingga tidak membuat kerugian terhadap pihak manapun. smart pricing menjadi salah satu fitur andalan google adsense yang paling ampuh. ini dia pernyataan mengenai smart pricing  yang di publish oleh google adsense, tertera juga dalam adwords answer mengenai smart pricing.

Mengenal Smart Pricing Google Adsense

Jadi, cara kerja fitur smart pricing ini, adalah dengan cara menetapkan nilai klik iklan yang berbeda-beda tergantung pada beberapa faktor, yaitu: relavansi situs, jumlah trafik, kualitas situs, dan relavansi link dan sebagainya.

Misalnya: iklan yang muncul pada laman atau situs anda adalah "iklan kamera" sedangkan artikel anda mengenai kendaraan, dengan ini jika iklan anda di klik oleh pengunjung, menyebabkan nilai BPK/CPCnya kecil, karena tidak memiliki nilai relavansi terhadap artikel anda.

Hal yang perlu diperhatikan juga, jika anda mengalami mendapatkan nilai cpc kecil bahkan bisa sampai $0.00 dalam jangka yang cukup panjang, bisa jadi akun google adsense anda terkena smart pricing dikarenakan beberapa faktor yang sudah saya sebutkan, salah satunya anda memasang iklan disitus yang kurang berkualitas.

Penyebab terjadinya smart pricing pada adsense

Smart pricing terjadi biasanya karena situs dianggap buruk atau tidak berkualitas oleh google, iklan-iklan yang muncul tidak memiliki relavansi terhadap situs atau konten blog, para pembaca yang mengklik iklan yang menuju kesitus pengiklan (advertiser) dan langsung mengklik back, bahkan belum sampai 10 detik disitus pengiklan (advertiser) browser sudah ditutup (pengeklik iklan hanya sebentar mengunjungi situs advertiser), atau mungkin juga para pegeklik iklan tidak membeli atau mendownload dll.

Yang perlu diingat, hal yang paling fundamental terjadinya smart pricing ini, yaitu tidak memiliki relavansi yang baik terhadap iklan yang tayang dan situs yang berkualitas buruk. memang kita akui google adalah perusahaan yang benar-benar professional dan semakin apik sehingga dapat menonitori aktivitas-aktivitas yang berdampak buruk bagi perusahaan.

Cara mengatasi smart pricing pada adsense

Ada beberapa tips-tips dasar untuk mengatasi terjadinya smart pricing pada akun adsense anda, simak tipsnya:

a. Buatlah konten yang berkualitas
Buatlah konten yang berkualitas. bagaimana sih konten yang berkualitas? konten yang memiliki isi yang bermanfaat bagi para pembaca, yang pasti informatif. jangan sampai membuat artikel yang tidak bermanfaat bahkan membuat konten yang isinya hanya kata kunci, hanya menargetkan keyword tidak memberikan manfaat terhadap pembaca anda.

Bahkan pihak google sudah menegaskan mengenai konten yang berkualitas. "Content Is King", tapi masih banyak orang yang kebingungan seperti apa sih konten yang berkualitas itu? pada intinya berikan pengalaman terbaik untuk pengunjung anda, berikan point plus kepada pengunjung anda setelah membaca artikel anda.

b. Perhatikan situs yang kurang berkualitas
Jika kalian memiliki 2 blog atau lebih yang dipasang iklan google adsense, maka perhatikanlah kualitas situs tersebut. jika sekiranya situs yang anda pasangi iklan adsense tidak berkualitas bahkan cenderung dilarang google, segera untuk mencebut iklan dari situs tersebut.

..Hal ini pernah saya alami, saya memasang iklan disitus yang mana kualitasnya begitu buruk, alhasil cpc yang saya dapatkan hanya 100-400 perak saja, bahkan pernah 1 klik hanya 48 perak.

Banyak yang beranggapan, memasang iklan adsense disitus yang banyak, akan mendapatkan hasil yang banyak juga. memang hal itu tidak bisa dipungkiri, namun sebaiknya perhatikan terlebih dulu kualitas pada situs tersebut, layak atau tidak. adsense juga sudah menetapkan pernyataan untuk situs yang layak untuk adsense.

c. Copot iklan adsense selama beberapa waktu
Hal ini juga pernah saya praktekan, saat saya merasa nilai cpc saya turun drastis yang terjadi selama beberapa hari. hal ini dirasa sangat cukup ampuh yang disarankan beberapa publisher adsense untuk menghindari smartpricing. ingat copot semua iklan yang anda pasang pada situs yang terkena smart pricing. tunggu saja beberapa jam, bahkan hari, lalu pasang kembali iklan anda. tapi ingat, mengenai situs yang kurang berkualitas.

d. Perhatikan peletakan iklan pada blog
Google menyarankan untuk memasang iklan ditempat yang baik, untuk menghindari klik yang tidak disengaja. jika terjadi klik yang tidak disengaja dan dianggap tidak valid, sehingga cpc yang didapat kecil. dan kebanyakan jika memasang iklan yang tidak dihendaki, biasanya para pengunjung akan segera menutup iklan tersebut, hal ini juga yang menyebabkan klik iklan tidak valid.

Hindarilah tempat yang sekiranya mengundang klik yang tidak sengaja. berikan perbedaan yang baik terhadap iklan dan konten, agar si pengunjung dapat membedakan, mana iklan dan mana konten, sehingga jika pengunjung mengklik iklan dengan sengaja, memang pengunjung yang berminat melihat iklan tersebut.

Untuk itu, hindarilah peletakan iklan yang tidak bagus, bahkan cenderung mengganggu pembaca. bukannya mengklik iklan, malah kabur duluan.

e. Perbanyak pengunjung organik
Mengapa harus memperbanyak pengunjung organik? menurut google adsense, pengunjung terbaik untuk adsense adalah pengunjung yang organik (datang dari mesin pencari: google, bing dll.). untuk itu semakin banyak pengunjung oraganik semakin baik, karena memang mencari apa yang mereka butuhkan, dan semakin tinggi kemungkinan untuk mengklik iklan anda (baiknya, memiliki relavansi yang baik)

f. Pasang iklan adsense di blog yang memiliki topik yang bagus (tertarget)
Jika kalian memang mampu menargetkan topik yang memiliki nilai cpc tinggi, hal ini memungkinkan anda mendapatkan penghasilan yang tinggi pula. jadi hal yang paling ideal untuk menghindari smart pricing, yaitu memasang pada blog yang tertarget dan memiliki relavansi terhadap iklan yang sangat baik. walaupun pengunjung hanya mengklik 1 iklan, jika anda memiliki niche/topik blog yang bagus dan relavansi maka nilai cpcnya pun tinggi.

sekian saja yang bisa saya bahas mengenai smart pricing pada google adsense. semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Happy Blogging!!!

Related Posts