Minggu, 28 Oktober 2018

Isi Teks Sumpah Pemuda (Asli dan EJaan Baru) Serta Makna Yang Terkandung Didalamnya

Tags


Sumpah Pemuda merupakan salah satu pergerakan yang berpengaruh terhadap kemerdekaan indonesia. Adanya ikrar sumpah pemuda ini dianggap sebagai pembangkit semangat terhadap cita-cita berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sumpah pemuda diselenggarakan selama dua hari, pada 27-28 Oktober 1928 di Batavia atau kota yang sekarang kita kenal sebagai Jakarta. Keputusan ini dilakukan oleh "Kongres Pemuda Kedua" yakni kongres yang melakukan pergerakan pemuda Indonesia yang melahirkan keputusan, memuat ikrar untuk mewujudkan cita-cita bangsa indonesia.

Keputusan yang dilakukan oleh para anggota Kongres Pemuda kedua ini serta merta bertujuan untuk menegaskan cita-cita bangsa Indonesia akan "Tanah Air Indonesia", "Bangsa Indonesia", "Bahasa Indonesia". Keputusan yang dilakukan ini diharapkan dapat menjadi asas bagi setiap "Perkumpulan Kebangsaan Indonesia" agar disiarkan kepenjuru indonesia melalui semua surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulaan".

Isi Teks Sumpah Pemuda (Asli dan EJaan Baru) Serta Makna Yang Terkandung Didalamnya

Faktanya Istilah "Sumpah Pemuda" baru muncul setelah dilakukan keputusan kongres pemuda tersebut. berikut adalah isi dari keputusan dalam Kongres Pemuda Kedua. ada dua versi yaitu versi asli dan ejaan baru yang akan saya tulis, yang mana versi asli masih tercantum di dinding Museum Sumpah Pemuda. Penulisan teks Sumpah Pemuda Asli (Ejaan Lama) menggunakan Ejaan van Ophuysen, yakni ejaan yang pernah digunakan untuk bahasa Indonesia.

Versi Asli (Ejaan Lama)

Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Kami poetra dan poetri Indonesia, mendjoenjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.


Versi Baru (Ejaan Baru)

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Kami putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Itulah isi dari sumpah pemuda, baik versi yang Asli (Ejaan lama) ataupun versi ejaan baru. intinya memiliki makna yang sama disetiap kalimatnya. ada pula arti atau makna dari setiap kalimatnya adalah:

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air indonesia.

: Kalimat ini bermakna, bahwa meskipun Indonesia terdiri dari berbagai perbedaan namun kita tetap satu, atas nama bangsa Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

: Kalimat ini bermakna, sama halnya seperti kalimat pertama meski Indonesia terdiri dari bermacam-macam suku, budaya, dan sebagainya kita tetap dalam naungan "Bhineka Tunggal Ika" Berbeda-beda tetapi tetap satu.

Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

: Kalimat ini bermakna, meskipun kita terdiri dari bahasa yang berbeda-beda; jawa, sunda, batak, aceh, madura, bugis, minangkabau, bali dan masih banyak lagi. kita tetap disatukan dengan bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.

Untuk memperingati Hari bersejarah ini, tepat pada tanggal 28 Oktober. saya ucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda. semoga kita tetap menjunjung persatuan dalam perbedaan ini. Unity in Diversity.


Artikel Terkait

Silahkan untuk berkomentar yang sesuai dengan topik yang sedang dibahas diatas. Mohon maaf, kami akan menghapus komentar yang berbau P0RN0GRAFI, JUD!, H4CK!NG, 0B4T dan sejenisnya.
EmoticonEmoticon