Minggu, 20 Januari 2019

Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2019 Bahasa Mandarin dan Artinya

Tags


Sebentar lagi Tahun baru imlek segera datang. Imlek merupakan hari perayaan terpenting bagi orang tionghoa. perayaan ini biasanya dimulai pada hari dan bulan pertama (Mandarin; 正月; pinyin: zhēng yuè) menurut penanggalan Tionghoa dan diakhiri dengan Cap Go Meh yang mana pada tanggal ke 15 (pada saat bulan purnama).

Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek Bahasa Mandarin dan Artinya

Pada malam tahun baru imlek juga dikenal dengan sebutan Chúxī 除夕 yang artinya "malam pergantian tahun". biasanya pada setiap daerah memiliki caranya masing-masing saat merayakan Cap Go Meh, begitu juga bagi para orang Indonesia keturunan Tionghoa yang ada di berbagai daerah.

Mulainya tahun baru Imlek ini ditentukan oleh Tanggalan atau Kalender Suryacandra/Kalender Lunisolar. kalender tersebut digunakan oleh negara-negara yang telah dipengaruhi oleh budaya Han (merujuk; Suku Han) dan mungkin memiliki asal yang mirip dengan perayaan tahun baru diluar Asia Timur (Seperti Iran, dan pada zaman dahulu, daratan bulgar)

Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 5 Februari 2019


Pada tahun 2019, Tahun baru Imlek jatuh pada tanggal 05 Februari 2019. khususnya orang keturunan Tionghoa di Indonesia sangat menantikan perayaan Tahun Baru Imlek 2019. berikut kata-kata ucapan selamat Tahun Batu Imlek.

"Gong Xi Fa Cai" (Mandarin) Artinya Semoga anda Bahagia dan Sukses

Dimata umum mungkin kata Gong Xi Fa Cai adalah kata yang selalu diucapkan saat Tahun Baru Imlek, namun ada beberapa kata lain yang juga disebutkan setiap perayaan Tahun Baru Imlek. Kata berikut ini juga bisa kalian ucapkan kepada teman kantor, boss kantor dan lain-lain.

"Gong Hey Fat Choy" (Catonese) Artinya Semoga anda Bahagia dan Sukses

"Xin Nian Kuai Le" Artinya Selamat Tahun Baru

"wànshìrúyì" Artinya Semoga Semua Berjalan Lancar

Setiap Perayaan Imlek Ucapan selamat selalu dinyatakan dengan makna "Kebaikan" dalam kehidupan, baik dari segi karir, kesehatan serta hal lainnya.

Gong He Xin Xi [恭贺新禧] Selamat Tahun Baru

Wan Shi Ru Yi [万事如意] Semoga Semua Harapanmu Tercapai

Xin Xiang Shi Cheng [心想事成] Semoga Keinginanmu Terwujud

Yi Fan Feng Shun [一帆风顺] Semoga Semuanya Berjalan dengan Lancar

Chūnjié kuàilè [春节快乐] Happy Spring Festival

jíxiáng rúyì [吉祥如意] Nasib baik Sesuai Keinginanmu

Jīlíng huópō [机灵活泼] Cerah dan Semangat menjalani Hidup (Terutama digunakan untuk anak anak berusia dibawah 10 tahun, mendoakan mereka supaya aktif dan pintar)

Xuéxí jìnbù [学习进步] Kemajuan dalaam Studi (Biasanya diucapkan kepada pelajar)

Héjiā huānlè [阖家欢乐] Keluarga Bahagia yang "besar" (diucapkan untuk keluarga)

Héjiā xìngfú [阖家幸福] Kebahagiaan bagi seluruh keluarga (diucapkan untuk keluarga)

zhū nián dàjí [猪年大吉] Semoga anda beruntung ditahun Babi (2019)

xīnnián kuàilè [新年快乐] Happy New Years

Zhāo cái jìn bǎo [招财进宝] Treasure Fill the Home

itulah kata-kata ucapan selamat Tahun Baru Imlek yang sering diucapkan menggunakan bahasa mandarin beserta artinya. kalimat diatas sering kali diucapkan sebagai kaliamat umum saat merayakan Tahun Baru Imlek.


Artikel Terkait

Silahkan untuk berkomentar yang sesuai dengan topik yang sedang dibahas diatas. Mohon maaf, kami akan menghapus komentar yang berbau P0RN0GRAFI, JUD!, H4CK!NG, 0B4T dan sejenisnya.
EmoticonEmoticon