Macam-Macam Nama Batu Akik dan Kegunaannya Yang Dikenal di Indonesia


Batu Akik atau dalam bahasa inggris dikenal dengan Agate, merupakan jenis batu yang terdiri dari silika cryptocrystalline, kalsedon, bergantian dengan kuarsa mikro-granular. Ditandai dengan kehalusan biji-bijian dan warna yang bermacam-macam.

Di indonesia batu akik cukup populer dikalangan pecinta batu-batuan atau perhiasan, tak hanya sekedar untuk dipakai, juga dipercaya memiliki khasiat atau kegunaan dari masing-masing jenis batu bagi para penggunanya.

Macam-Macam Nama Batu Akik dan Kegunaannya

Sampai sekarang eksistensi batu akik di indonesia ini masih cukup tinggi di kalangan komunitas, selain dari kegunaanya itu tadi, karena harganya juga dibandrol cukup mahal dari jenis akik tertentu. Terutama khasiat mistis yang dipercaya dapat membuat efek tertentu untuk pemakainya, seperti sebagai pelaris, membuka aura dan sebagainya.

Nama Batu Akik Yang Dikenal Di Indonesia


1. Batu Merah Delima
Macam-Macam Nama Batu Akik dan Kegunaannya

Batu merah delima dicirikan dengan warnanya yang merah dan konon bisa menyala. Manfaat bagi penggunanya dipercaya dapat kebal akan senjata, usaha laris bahkan bisa membuat penggunanya menghilang.

2. Batu Kalimaya
Macam-Macam Nama Batu Akik dan Kegunaannya

Batu kalimaya atau dalam kancah internasional disebut dengan black opal dicirikan mampu merefleksikan beberapa warna dalam batu ini. Khasiatnya dipercaya mampu meningkatkan percaya diri, menunjukan kelas sosial, sebagai lambang cinta/kejujuran, untuk peremajaan.

3. Batu Sulaiman

Macam-Macam Nama Batu Akik dan Kegunaannya

Batu ini diyakini mirip halnya dengan cincin yang digunakan Nabi Sulaiman, dalam bahasa inggris yaitu ring of solomon. setelah Nabi Sulaiman meninggal dunia, cincin ini menghilang dan para ahli spiritual meyakini bahwa energi yang dipancarkan cincin ini masih bisa dirasakan. Khasiat dari batu ini dipercaya dapat memberikan kekayaan, menetralisir energi negatif, menambah wibawa/karisma, sebagai tameng/perlindungan.

4. Batu Kecubung

Macam-Macam Nama Batu Akik dan Kegunaannya

Batu kecubung umumnya dikenal dengan warna ungu yang mempesona dan harganya pun dibandrol hingga puluhan juta rupiah bahkan sampai ratusan juta. Manfaat yang diyakini pada batu ini adalah, sebagai keberuntungan, menenangkan batin, aura pengasih, meningkatkan keanggunan, kekurangan fisik tertutupi, meningkatkan daya tarik, meningkatkan kebijaksanaan, meredakan amarah, pagar ghoib, menjaga kesehatan.


5. Batu Pancawarna

Macam-Macam Nama Batu Akik dan Kegunaannya

Batu ini memiliki keunikan, yaitu memiliki beberapa macam warna seperti hijau, biru, putih, hitam, kuning merah dan ada yang bercampur dan terlihat seperti warna baru. Khasiatnya dipercaya mampu meningkatkan kewibawaan, sebagai pengobatan/terapi, menghindarkan dari kejahatan, disegani orang, mendatangkan kejayaan/kemakmuran.


6. Batu Lapis Lazuli

Macam-Macam Nama Batu Akik dan Kegunaannya

Batu ini digambarkan bagai batu permata dengan warna biru pekat dengan kilauan keemasan bagaikan bintang. Kilauan ini dikarenakan oleh inclusion dari mineral pyrite. Khasiatnya dipercaya mampu meningkatkan daya tarik, meningkatkan percaya diri, membantu menurunkan tekanan darah, sebagai keberuntungan, perlindungan diri dari ilmu hitam.

7. Batu Gold Shell Dragon

Macam-Macam Nama Batu Akik dan Kegunaannya

Bentuknya yang mirip sisik naga dan berwarna keemasan menjadikan batu ini terlihat mempesona, batu ini juga dikenal dengan nama Batu Akik Sisik Naga Emas. Batu ini berasal dari Sulawesi Selatan, tergolong dalam batu akik langka, oleh karena itu harganya mahal. Dipercaya mampu meningkatkan kewibawaan, sebagai pengasih yang tinggi, pelaris dagangan, bagi yang hobi mancing batu ini dipercaya mampu membuat ikan berdatangan menuju kail anda.


8. Batu Lafadz Allah

Macam-Macam Nama Batu Akik dan Kegunaannya

Batu ini memiliki lafadz Allah yang diyakini sangat memiliki kekuatan mistis yang tinggi. Batu ini termasuk batu langka, sangat jarang orang memiliki batu jenis ini. Manfaatnya sebagai pengasih tinggi, membuka aura, keberuntungan dalam asmara, meluluhkan hati orang yang membenci, meningkatkan daya tarik diri, melindungi dari ilmu hitam.


9. Batu Serai

Macam-Macam Nama Batu Akik dan Kegunaannya

Batu serai dipercaya sebagai pemanis dan pelaris dagangan, membuka aura, mudah meraih karir, kelancaran bisnis/usaha, dan membangkitkan wibawa.


10. Batu Zamrud

Macam-Macam Nama Batu Akik dan Kegunaannya

Batu zamrud atau disebut juga dengan batu emerald, merupakan batu yang diyakini digunakan oleh para raja atau bangsawan dan para petinggi negara, yang dipercaya sebagai simbol kekuasaan atau keagungan. Manfaat batu ini sendiri diantaranya, meningkatkan status sosial, kesembuhan penyakit, menyembuhkan penyakit mental dan emosi, mampu mengusir roh jahat, dan menambah aura kewibawaan.


11. Batu Badar Besi

Macam-Macam Nama Batu Akik dan Kegunaannya

Batu badar besi atau dalam istilah sains magnetsteen, merupakan batu yang mampu bergerak berputar-putar apabila didekatkan dengan besi magnet. Batu ini memiliki warna abu kehitaman karena memiliki unsur ferum dengan kandungan oksigen yang tinggi serta memiliki tingkat kekerasan 5-6 skala mohs (skala tingkat kekerasan mineral). Manfaatnya dipercaya dapat mnetralisir energi negatif, menghindarkan dari segala bentuk ilmu hitam, membentuk aura perlindungan, meningkatkan insting membaca situasi berbahaya.


12. Batu Mata Kucing (Chrysoberyl Cat's Eye)

Macam-Macam Nama Batu Akik dan Kegunaannya

Seperti namanya, batu ini berbentuk layaknya mata kucing. Apabila batu ini didalam kegelapan lalu ada sedikit cahaya, maka akan menampakan segaris sinar pada batu ini yang mirip dengan mata kucing. Manfaatnya dipercaya menetralisir aura negatif, meningkatkan kerukunan saudara, memperlancar aliran darah, penambah semangat/optimisme, sebagai tameng.


13. Batu Mata Harimau

Macam-Macam Nama Batu Akik dan Kegunaannya

Batu ini memiliki bentuk seolah-olah seperti mata harimau. Batu ini banyak dijumpai di Afrika Selatan, Russia, Jerman, Australia Barat dan China. Manfaatnya adalah, meningkatkan kewibawaan, untuk kesehatan, perlindungan diri.


14. Batu Jarum Emas

Macam-Macam Nama Batu Akik dan Kegunaannya

Didalam batu ini memiliki goresan-goresan berwarna emas, layaknya berbentuk seperti jarum-jarum emas. Batu ini juga digunakan dalam urusan mistis orang asli Australia. Kegunaan batu ini dipercaya sebagai pertahanan diri dan keselamatan bagi pemakainya.

15. Batu Nilam

Macam-Macam Nama Batu Akik dan Kegunaannya

Batu nilam dikenal juga dengan nama lain batu sapphire atau safir, dan memiliki beberapa jenis seperti nilam hitam dan safir biru. Khasiatnya dipercaya dapat menyehatkan pencernaan, menghilangkan sisi negatif, meredam rasa sakit hati, menjernihkan pikiran.


16. Batu Pirus

Macam-Macam Nama Batu Akik dan Kegunaannya

Turqouise atau batu Pirus merupakan mineral buram, blue-to-green yang merupakan fosfat terhidrasi  dari tembaga dan aluminium. Warnanya yang unik menjadikan batu ini cukup digemari. Manfaatnya sebagai jimat, menjaga kesehatan, membuka aura, ketenangan pikiran.

Related Posts