7 Daftar Sungai Terbesar Di Indonesia Beserta Nama Daerah dan Gambar [Lengkap]


Sungai merupakan sumber daya alam yang erat hubungannya dengan manusia, di dunia banyak sekali tersebar sungai-sungai yang membelah beberapa kota bahkan meliputi beberapa negara, dikategorikan sebagai sungai terbesar dan terpanjang di dunia.

Di Indonesia sendiri memiliki beberapa sungai terbesar dan terpanjang, yang sangat berpengaruh bagi kehidupan disekitar. Sungai-Sungai terbesar berikut ini tersebar dibeberapa pulau di Indonesia dan mayoritas sungai terbesar berada di pulau kalimantan yang benar-benar masih terjaga keasriannya.

Selain digunakan sebagai sumber air bagi masyarakat, sungai juga sebagai sarana transportasi, tujuan wisata yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber perekonomian masyarakat sekitar. Langsung saja, berikut ini daftar sungai terbesar di Indonesia beserta nama daerahnya.

Sungai Terbesar dan Terpanjang Di Indonesia


Berikut ini hanya menampilkan tujuh dari beberapa sungai terbesar di Indonesia yang terkenal, baik akan panjangnya, lebarnya, kekayaan alam dan kehidupan disekitar sungainya. Dari tujuh daftar tersebut kebanyakan berasal dari pulau Kalimantan, berikut ulasannya

1. Sungai Kapuas [Kalimantan Barat]

7 Daftar Sungai Terbesar Di Indonesia Beserta Nama Daerah dan Gambar

Sungai Kapuas merupakan sungai terbesar pertama di Indonesia, menurut penelitian sungai ini memiliki panjang hingga 1.143 km. Sungai ini terletak di Kalimantan Barat, meliputi beberapa kabupaten di provinsi Kalimantan Barat.

Sungai Kapuas juga menjadi rumah bagi lebih dari 700 jenis ikan, dan 12 diantaranya tergolong dalam ikan langka serta 40 lainnya termasuk ikan yang terancam punah. Sayangnya belakangan ini sungai Kapuas telah terkena pencemaran logam berat dan berbagai jenis bahan kimia, diakibatkan aktivitas penambangan emas dan perak dibagian tengah sungai ini. Walaupun begitu sungai Kapuas tetap menjadi pusat bagi kehidupan masyarakat, terutama suku Dayak dan Melayu di sepanjangan aliran sungai.

2. Sungai Mahakam [Kalimantan Timur]

7 Daftar Sungai Terbesar Di Indonesia Beserta Nama Daerah dan Gambar

Sungai Mahakam merupakan salah satu sungai terbesar di pulau Kalimantan dan di Indonesia. Sungai ini memiliki panjang sebesar 980 km, bermuara di Selat Makassar. Melintasi Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu, Samarinda dan Kabupaten Kutai Kartanegara di bagian hilir.

3. Sungai Barito [Kalimantan Tengah/Selatan]

7 Daftar Sungai Terbesar Di Indonesia Beserta Nama Daerah dan Gambar

Sungai Barito atau disebut juga dengan Sungai Dusun merupakan sungai yang memiliki panjang 890 km, menjadi salah satu sungai terbesar di Pulau Kalimantan dan di Indonesia. Aliran hilir sungai ini disebut juga dengan Sungai Banjar atau Sungai Banjarmasin (Sungai Banjar Besar), karena sungai ini sudah masuk ke wilayah Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang mana bermuara di Laut Jawa. Sungai ini berhulu di Pegunungan Schwaner.

4. Sungai Hari / Batang Hari [Jambi]

7 Daftar Sungai Terbesar Di Indonesia Beserta Nama Daerah dan Gambar

Sungai Hari atau Batang Hari merupakan sungai terbesar di provinsi Jambi, pulau Sumatera, Indonesia. Panjang sungai ini diperkirakan mencapai 800 km, mata air yang berasal dari Gunung Rasan, yang menjadi hulu sungai ini sampai dengan Danau Di atas.

5. Sungai Musi [Sumatera Selatan]

7 Daftar Sungai Terbesar Di Indonesia Beserta Nama Daerah dan Gambar

Sungai Musi merupakan salah satu sungai terbesar di pulau Sumatera, Indonesia. Sungai ini dikenal membelah kota Palembang menjadi dua bagian, yang disambungkannya Jembatan Ampera, Palembang. Panjang sungai ini mencapai 750 km, yang sejak dulu digunakan untuk sarana transportasi bagi masyarakat dari zaman Kerajaan Sriwijaya.

6. Sungai Mamberamo [Papua]

7 Daftar Sungai Terbesar Di Indonesia Beserta Nama Daerah dan Gambar

Di bagian timur Indonesia memang terkenal akan banyaknya pulau, walaupun demikian bagian timur Indonesia pun memiliki salah satu sungai terbesar di Indonesia, yaitu sungai Mamberamo, tepatnya terletak di pulau Papua. Sungai ini memiliki panjang 670 km, yang berhulu di Pegunungan Jayawijaya dan berhilir di Samudera Pasifik.

Sungai ini meliputi 9 kabupaten di provinsi Papua, beberapa suku terasing hidup di lembah sungai yang kaya akan keanekaragaman hayati ini. Oleh karena itu sungai ini juga dijuluki sebagai Amazonnya Papua, dan uniknya sungai Mamberamo merupakan sungai terlebar di Indonesia.

7. Sungai Bengawan Solo [Jawa Tengah/Timur]

7 Daftar Sungai Terbesar Di Indonesia Beserta Nama Daerah dan Gambar

Sungai Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang di pulau Jawa, Indonesia. Sungai ini memiliki panjang sebesar 548 km, yang berhulu di beberapa titik, yaitu Wonogiri, Karanganyar, Ponorogo, Boyolali, Sragen dan Klaten. Berhilir di Bojonegoro, Tuban, Lamongan dan Gresik, serta bermuara di Laut Jawa, daerah Gresik.

Itulah ketujuh sungai terbesar di Indonesia, yang berada di beberapa pulau di Indonesia, yakni Kalimantan, Sumatera, Papua dan Jawa. Yang mana sungai terbesar tersebut terdapat di pulau yang besar di Indonesia.

Related Posts