Keuntungan Memiliki Nama Domain Sendiri Untuk Bisnis


Apa itu Nama Domain? Nama Domain atau Domain Name merupakan nama untuk mengidentifikasi alamat server web ataupun email server di jaringan komputer maupun internet.

Bentuk sebenarnya dari alamat nama domain yaitu 4 deretan angka yang dipisahkan oleh titik, seperti contoh, 216.239.38.120 ini merupakan contoh alamat domain dari google.com. Nah "Google.com" merupakan nama domain itu sendiri.

Karena pada dasarnya setiap alamat web berbentuk angka-angka seperti contoh diatas, tidak mungkin rasanya jika semua alamat yang ada di internet masih dalam bentuk angka-angka. Tentu kita sangat sulit untuk menghafal alamat web tersebut.

Akhirnya tercetuslah nama domain untuk membalut dari alamat yang berbentuk numerik, agar jauh lebih mudah diingat dan lebih praktis.

Pengaruh Memiliki Domain Sendiri Untuk Bisnis


Keuntungan Memiliki Nama Domain Sendiri Untuk Bisnis

Dalam berbisnis domain dimanfaatkan untuk menjangkau pembeli yang lebih luas melalui internet, domain dijadikan sebagai alamat atas nama bisnis kita, diimplementasikan melalui website atau toko online.

Karena sekarang era-nya revolusi industri 4.0, tidak mungkin jika orang tidak tahu mengenai internet. Semuanya sudah serba praktis, hanya butuh gadget dan internet kita sudah bisa melakukan kegiatan seperti berbelanja, pesan makanan, transfer dan sebagainya.

Dilihat dari hal tersebut ini dapat berpengaruh terhadap peluang-peluang bisnis unik yang dimaksimalkan melalui internet. Dengan kita memanfaatkan internet kita dapat membuka peluang yang lebih luas terhadap bisnis kita. Salah satunya dimanfaatkan dengan memiliki domain untuk bisnis.

Manfaat Memiliki Nama Domain Untuk Bisnis


1. Menambah kredibilitas Bisnis
Memiliki nama domain sendiri menjadikan perusahaan kita terlihat jauh lebih profesional dan lebih dipercaya customer.

2. Meningkatkan prospek calon customer yang lebih luas
Dengan kita memiliki domain sendiri dan dipublikasikan melalui web atau toko online, kita membuka kemungkinan barang/jasa dilihat calon customer yang lebih luas.

3. Media Pemasaran yang efektif
Adanya domain untuk bisnis dan diimplementasikan melalui website atau toko online, kita dapat menjangkau konsumen baru tanpa memerlukan biaya yang mahal dibanding teknik offline untuk jangkauan yang luas.

4. Mudah dalam proses bertransaksi
Kemudahan transaksi terhadap konsumen jauh lebih mudah, dan lebih disukai konsumen tanpa memakan waktu yang lebih.


Setelah kita mengetahui manfaat dari memiliki nama domain sendiri untuk bisnis, kita juga harus tau cara memilih domain yang bagus untuk bisnis kita.

Kita tidak bisa asal membeli sebuah nama domain untuk bisnis kita, karena kemungkinan hasilnya kurang maksimal terhadap bisnis.

Alasannya, konsumen akan susah menghafal nama domain kita, tidak sesuai dengan bisnis yang kita tekuni, provider domain yang kurang terpercaya dapat menimbulkan masalah kedepannya dan sebagainya.

Ini akan menjadi masalah jika tidak dipikirkan matang-matang. Untuk itu kita harus tau cara memilih nama domain yang baik dan sesuai kebutuhan.


Cara Memilih Nama Domain Untuk Bisnis


Untuk mengetahui nama domain yang cocok untuk bisnis kita, pastikan cari nama dan extension domain yang mudah dihafal dan ditulis. Tentu utamanya kita ambil dari nama usaha kita, penamaan inilah yang nantinya menjadi tanda pengenal bisnis kita atau branding.

Berikut beberapa tips memilih nama domain yang sesuai untuk bisnis,

1. Pastikan provider domain terpercaya.

2. Gunakan nama brand anda atau jenis usaha untuk memilih domain.

3. Gunakan nama yang mudah diketik dan diingat.

4. Pakai extension domain yang sesuai, contohnya namadomain .com/net/id/web.id dan lain-lain

5. Pilihlah nama yang memiliki ciri khas yang kental akan produk/jasa bisnis anda.

Keuntungan Memiliki Nama Domain Sendiri Untuk Bisnis

Itulah sedikit tips untuk memilih domain untuk bisnis. Jadi tidak bisa sembarangan untuk memilih domain, agar berpengaruh untuk jangka panjang.

Jangan juga memilih domain gratis seperti .tk, .me dan sebagainya, karena masih banyak domain murah TLD (Top Level Domain) yang berkualitas, seperti .com, .net dan kualitasnya jauh dibandingkan domain gratis.

Setelah kita sudah memiliki domain sendiri-pun tidak serta merta kita dapat dengan mudah menjaring konsumen, kita harus menerapkan optimasi yang baik untuk web kita, salah satunya dengan cara SEO. Bisa dioptimalkan sendiri dan bisa juga membayar pakar SEO untuk mengoptimalkan web kita.

Utamanya teknik SEO ini untuk mengoptimalkan web kita di mesin pencari, jadi ketika orang mengetik di google, misal "madu murni murah" nanti di pencarian akan muncul website dengan domain milik kita.

Hal ini tentu sangat membantu meningkatkan penjualan yang lebih luas, bisa luar daerah bahkan antar pulau. Karena medium internet jangkauannya sangat luas, tentu kita juga harus bisa memasarkannya dengan baik.

Selain itu kita juga dapat mengoptimalkannya dengan cara bekerjasama dengan website lain, atau promosi dari sosial media atau juga beriklan.

Konklusi


Intinya, domain dapat membantu meningkatkan "daya" usaha pada bisnis kita, dengan syarat pengoptimalan yang baik dan benar. Sangat terlihat mendasar memang, tapi hal ini terbukti dapat membantu mengoptimalkan bisnis kita.

Dari sekian banyak bisnis, hampir semuanya berbasis online, mulai dari jasa hingga makanan ringan. Sekarang sudah eranya modernisme, tak heran jika semua sudah serba cepat dan praktis.

Related Posts