10 Buah Yang Mengandung Vitamin A Terbaik Untuk Kesehatan Mata


Umumnya buah sangat digemari oleh manusia namun tidak semua jenis buah disukai karena alasan rasa atau bentuk yang menjijikan. Namun untuk kesehatan buah sangat berpengaruh sebagai pemasok nutrisi atau gizi yang sangat dibutuhkan tubuh. Buah mengandung banyak kandungan yang baik bagi tubuh, diantaranya Vitamin A, Vitamin C, zinc, kalium dan masih banyak lagi.

Kali ini kita akan bahas mengenai buah yang memiliki kandungan Vitamin A terbaik, terutama untuk kesehatan mata, karena utamanya Vitamin A dikenal akan manfaatnya untuk kesehatan mata. Walaupun begitu Vitamin A sangat banyak manfaatnya, seperti membantu sistem imun, mencegah kanker sebagai antioksidan dan lainnya.

Buah Yang Mengandung Vitamin A Terbaik Untuk Kesehatan Mata

Berikut ini daftar buah yang mengandung Vitamin A terbaik yang mudah didapatkan di Indonesia. Dan baik untuk kesehatan mata, karena memiliki kandungan Vitamin A yang cukup tinggi.

Berikut Buah yang Mengandung Vitamin A Baik Untuk Mata


1. Buah Jambu Biji

Kandungan Vitamin A pada buah jambu biji sedang adalah 600 IU atau 624 IU per 100 gr. Selain itu, jambu biji juga mengandung zat antioksidan yang mampu memperlambat reaksi oksidasi dan mampu menetralisir radikal bebas yang berbahaya.

2. Buah Mangga

Mangga sangat mudah didapatkan di Indonesia, bahkan kebanyakan orang Indonesia menanamnya atau tumbuh secara tidak sengaja disekitar rumah atau lingkungan tempat tinggal. Kandungan Vitamin A pada mangga 100 gr sebesar 0,5 mg Vitamin A.

3. Buah Anggur

Beda halnya dengan mangga, anggur cukup sulit didapatkan secara umum di lingkungan sekitar, namun cukup mudah didapatkan di supermarket atau pasar. Buah ini memiliki kandungan Vitamin A sebesar 66 IU tiap 100 gr-nya, Anggur kerap disebut sebagai "ratu buah-buahan".

4. Buah Apel

Vitamin A pada buah apel yang berkulit merah disebut memiliki Vitamin A sebesar 58 IU tiap 100 gr-nya. Kebanyakan apel dimanfaatkan sebagai bahan untuk produk kecantikan, terutama manfaat untuk kulit.

5. Buah Nangka

Buah ini sudah tidak asing dengan Indonesia, karena pertumbuhannya sangat tersebar luas ditanah air. Kandungan Vitamin A sendiri pada buah ini, memiliki 110 IU per 100 gram, tentu mampu membantu menjaga kesehatan mata jika dikonsumsi secara rutin dan benar.

6. Buah Jeruk

Buah jeruk juga sangat umum di Indonesia, keberadaannya mudah dijumpai dan tersebar luas dipedagang biasa ataupun supermarket. Kandungan Vitamin A yang dimiliki jeruk sebesar 225 IU setiap 100 gr.

7. Buah Pepaya

Buah pepaya dikenal sebagai buah yang khasiatnya mampu melancarkan pencernaan karena mengandung Vitamin C. Tak hanya Vitamin C, pepaya juga mengandung Vitamin A yang tinggi, sebesar 950 IU.

8. Buah Melon

Melon yang sering kita jumpai pada isian sop buah ini memiliki Vitamin A yang sangat tinggi sebesar 3382 IU. Melon juga diyakini rendah akan kalori, sangat cocok untuk anda yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan.

9. Buah Markisa

Buah dengan rasa yang cukup masam ini ternyata memiliki kandungan Vitamin A yang tinggi, sebesar 1274 IU untuk per 100 gramnya. Markisa juga kaya akan mineral yang dapat membantu pencernaan, juga serat yang mempu menyeimbangkan kadar gula.

10. Buah Tomat

Tomat memiliki kandungan Vitamin A 642 IU untuk per100 gramnya, tentu baik untuk kesehatan mata. Tomat juga termasuk buah yang memiliki kalori yang rendah, sekitar 17 kalori


Itulah 10 buah yang mengandung vitamin a yang baik untuk kesehatan mata, selain vitamin a juga memiliki manfaat lainnya pada tiap buah-buah tersebut. Selain itu, buah diatas merupakan buah yang terbilang sangat mudah dijumpai di Indonesia.

Related Posts