Panduan: Mendaftar Google Analytics Untuk Blog Lengkap!


Google analytics adalah web service yang ditawarkan oleh Google untuk melacak dan melaporkan trafik website/blog yang sudah terhubung. layanan yang ada pun cukup banyak, mulai dari users yang aktif di blog kita, total views , sessions by device, sessions by country, active users per month dan masih banyak lagi.

Fungsi dari analytics ini sendiri, mempermudah untuk memantau perkembangan blog kita, mengevaluasi kinerja kita selama menekuni blogging ini. daftarnya pun terbilang cukup mudah tidak memerlukan biaya atau juga effort yang lebih.

Cara Daftar Google Analytics

Menggunakan google analytics cukup efektif untuk memantau perkembangan blog, walaupun ada beberapa situs yang menyediakan layanan yang sama. tapi produk dari google tetap jadi pilihan utama yang recomended sekali. simak cara mendaftar google analytics:

1. Masuk ke situs google analytics

2. Klik Sign-up atau mendaftar

Cara Daftar Google Analytics

3. Isi Formulir pendaftaran yang ada

Cara Daftar Google Analytics

Kita pilih metode Website jangan menggunakan Mobile App, jika ingin menggunakan Mobile App silahkan saja, caranya juga hampir sama.

#a. Account Name
Masukan nama akun yang akan digunakan untuk google analytics anda. rekomendasi saya gunakan nama email anda atau nama anda.

#b. Website Name
Masukan nama blog anda, ingat namanya! bukan alamat situs "www.example.com" menamai ini juga jangan sembarangan agar saat anda mendaftarkan situs ke google analytics lebih dari satu itu tidak akan membingungkan.
Catatan: 1 akun google analytics dapat mendaftarkan situs lebih dari 1.

#c. Website URL
Nah, sekarang baru masukan alamat blog anda, contoh "www.contoh.com"

#d. Industry Category
Pilih kategori yang sesuai blog anda.

#e. Other
Dibawah gambar itu, sebenarnya masih ada beberapa step lagi. tapi saya rasa tidak begitu penting, jadi disitu akan ada beberapa tulisan yang di centang dan otomatis semuanya dicentang, untuk itu langsung saja klik Lanjut.

4. Langkah terakhir untuk memasukan tracking ID ke blog kita agar dapat terdeteksi analytics

5. Copy tracking ID google analytics kita

Tracking ID Google Analytics

6. Setelah itu, masuk ke dashboard blog anda, pilih menu Setelan > Lainnya > Google Analytics ID Tracking

Memasukan Tracking ID Google Analytics Ke Blog

7. Masukan Tracking ID yang tadi anda copy, paste pada kolom Google Analytics di Blog anda, seperti gambar diatas.

Catatan: tidak ada data yang akan masuk ke analytics anda, dalam waktu 48jam atau 2hari (Ketentuan dari Google Analytics).

Begitulah cara paling mudah untuk mendaftar ke google analytics dan menghubungkannya ke blog kita, semoga artikel ini dapat membantu anda yang kesulitan untuk mendaftar google analytics. happy blogging!

Related Posts