Cara Membuat Iklan Adsense Seperti Related Post/Artikel Terkait (Matched Content Adsense)



Mungkin kalian sering kali melihat di situs/blog yang memiliki artikel terkait, namun disitu tertera ads by google/iklan oleh google. memang artikel terkait tersebut adalah iklan dari google, yang dapat kalian buat melalui google adsense. iklan seperti itu di sebut juga dengan "matched content".

Tapi jika kalian mengklik artikel tersebut tidak akan menimbulkan nilai CPC atau tidak dibayar, karena seperti apa yang diberitahukan oleh adsense, tujuan dari matched content yaitu "untuk meningkatkan keterlibatan/perjanjian pengguna, RPM anda dan metrik lainnya mungkin akan terpengaruh dengan peningkatan ini" pemberitahuan tersebut muncul di akun adsense, jika kita sudah "memenuhi syarat" lalu mendapatkan fitur matched content ini.

Cara Membuat Matched Content Adsense

Pada blog saya saja, matched content ini tidak muncul begitu saja. saya memerlukan beberapa minggu bahkan bulan untuk dapat memunculkan matched content tersebut.

Lalu bagaimana cara mendapatkan matched content? dan kapan?


Menurut pengalaman saya, matched content ini akan didapatkan jika kalian sudah mempunyai cukup banyak artikel dengan kategori yang sama dan memiliki relasi yang baik.

Nanti, fitur matched content ini akan muncul dengan sendirinya, dan akan memunculkan pemberitahuan terlebih dahulu mengenai matched content tersebut. seperti gambar dibawah ini:

Pemberitahuan ini muncul ketika kalian melihat di Performance Reports > My Reports > Default Report. atau juga kalian dapat melihat yang dapat muncul di situs-situs yang anda pasangi adsense, di Settings > My Sites > Matched Content. matched content akan muncul di "My Sites" saat kalian sudah mendapatkan pemberitahuan seperti dibawah ini.

Cara Membuat Matched Content Adsense

Lalu bagaimana cara memasangnya di situs/blog?


Caranya mudah sekali, silahkan kalian ke dashboard adsense, lalu pilih My ads > Ad Units > + New ad units. seperti kalian membuat iklan adsense biasa, lalu disitu akan muncul jenis-jenis iklan adsense. pilih iklan jenis Matched Content, lalu copy kode iklannya dan paste kan ke blog yang diinginkan. pasang dibagian sidebar blog atau juga dibawah artikel blog. jika dipasang dibagian sidebar, tinggal masuk ke dashboard blog, tata letak, lalu pastekan kodenya pada sidebar. namun jika dipasang pada bagian bawah artikel, kalian harus parsekan kode iklannya terlebih dahulu.

Cara Membuat Matched Content Adsense

Mungkin segitu saja artikel kali ini, semoga bermanfaat. saya yakin para pembaca artikel ini pasti sudah pernah memasang iklan adsense dibagian manapun, jadi kalimat atau tulisan pasti bisa dipahami. jika masih benar-benar kebingungan, terutama memasang adsense di dalam artikel silahkan baca terlebih dahulu "cara memasang iklan adsense di tengah artikel".

Jika memang masih bingung, silahkan cari tutorial memasang iklan adsense dengan baik, agar mudah dipahami dasarnya. tunggu artikel selanjutnya mengenai tutorial blog, adsense dan tips-tips lainnya, silahkan untuk memfollow blog ini, jika kalian merasa suka dengan tulisan yang ada di blog ini, terimakasih. Happy Blogging!!!

14 komentar

  1. makasih gan atas feedbacknya @dwipurwanto
    siap, semoga bisa rutin nulisnya hehe, semoga artikelnya dapat membantu ya hehe, ngomong" tulisannya ada yang bermasalah gak gan?
    apa kurang dimengerti gitu? biar ane lebih fokus lagi, dan nulis lebih bagus lagi hehe

    BalasHapus
  2. Efektif mana, gan...
    Antara memasang Matched Content di sidebar dengan di bawah artikel postingan...?

    BalasHapus
  3. @Matsan Saga
    keduanya bagus-bagus aja mas, lagian ini gak nambah penghasilan, kalo cuman engaged bagus keduanya mas.
    kalo di pasang disidebar bagus bagus aja tapi biasanya pengunjung bacanya gak sampe ujung, terlebih dahulu tertarik sama sidebar artikel terkait gini.

    kalo saya sih bagus dibawah artikel kali ya lebih bagus aja gitu.

    BalasHapus
  4. @Matsan Saga
    ini akan berpengaruh pada impression ads saja

    BalasHapus
  5. terimakasih sudah berbagi ilmunya, salam blogger. kapan2 mampir ya ke blog ane gan.

    BalasHapus
  6. @kang Uem
    siap kang, makasih sudah mampir kang, alamat blognya kang? biar gambar mampirnya hehehe, jangan link aktif ya kang hehe

    BalasHapus
  7. makasih infonya kang 😊 jangan lupa mampir juga ke blog saya hhehe

    BalasHapus
  8. @muhammad rutami, sama-sama kang ^_^, monggo nama blognya apa tambah referensi juga nih hehehe. sekali lagi makasih udah mampir ^^

    BalasHapus
  9. mantap banget bro tipsnya (y) keep it up

    BalasHapus
  10. Balasan
    1. siap hehe, makasih.
      jangan bosen-bosen mampir gan :)

      Hapus
  11. owh pantesan punya saya gk ada adsense matched content nya

    BalasHapus
  12. @Nefertari Vivi

    ya begitu deh, setau saya :)

    BalasHapus

Silahkan untuk berkomentar yang sesuai dengan topik yang sedang dibahas diatas. Mohon maaf, kami akan menghapus komentar yang berbau P0RN0GRAFI, JUD!, H4CK!NG, 0B4T dan sejenisnya.
EmoticonEmoticon