Rabu, 13 Januari 2021

Arti Kata-Kata Gaul Yang Sering Digunakan di Tiktok


Tiktok menjadi salah satu sosial media paling diminati di Indonesia saat ini, bahkan di dunia. Sering kali muncul kata-kata populer/gaul yang akhirnya digunakan kebanyakan orang. Indonesia sendiri menjadi negara pengguna tiktok terbesar ke 4 dengan jumlah pengguna sebanyak 30,7 juta, menurut data pada pertengahan tahun 2020.

Banyak sekali jenis konten di dalam aplikasi TikTok, karena bebas bagi para penggunannya mengunggah selama tidak melanggar peraturan TikTok. Tak heran jika banyak hal yang bisa dipelajari dari tiktok, mulai dari sosial, ilmu pengetahuan umum, intermezzo, hingga bisnis sekalipun.
 
Arti kata-kata gaul di tiktok

Maraknya aplikasi ini memunculkan banyak istilah-istilah yang baru pertamakali didengar pengguna di Indonesia. Istilah-istilah biasanya muncul dari bahasa asing ataupun saduran. Berikut ini beberapa kata-kata populer dan artinya yang sering muncul di TikTok.

1. Arti Sike di Tiktok


Sike sering terdengar di konten Tiktok orang luar negri, sike sendiri adalah bahasa gaul internet yang berarti Psyche; yang artinya sesuatu yang dinyatakan salah. Mirip dengan "just kidding" atau "surprise" yang digunakan di akhir kalimat, Sike digunakan untuk menunjukan kalimat candaan atau sarkas. Gampangnya arti sike jika diterjemahkan ke bahasa indonesia adalah "Tapi bohong".

2. Arti ib di Tiktok


Kata ib biasanya digunakan pada video duet di tiktok. Biasanya kata ini digunakan untuk menunjukan konten yang dibuat sama atau mirip dengan orang yang di tag, yang didalamnya terdapat kata ib. "ib" sendiri  merupakan singkatan, berasal dari bahasa inggris yang artinya "Inspired By" yang artinya "terinspirasi dari".

3. Arti FYP di Tiktok


Kata ini pasti sering didengar di konten-konten Tiktok, baik di dalam video maupun caption, hastag. FYP merupakan fitur yang ada di tiktok yang artinya "For You Page". Yakni merupakan menu pertama ketika membuka tiktok, yang bertujuan memberikan rekomendasi untuk penggunannya, pastinya video yang masuk FYP merupakan video pilihan sesuai kecenderungan konten yang pengunanya pilih/tonton.

4. Arti pov di Tiktok


Pov singkatan dari "Point Of View" yang artinya sudut pandang. Biasanya digunakan untuk menunjukan sudut pandang dalam sebuah cerita, begitu juga di tiktok.

5. Arti jamet kuproy di Tiktok


Jamet kepanjangan dari "jajal metal" atau orang yang berlagak keren menggunakan atribut musik metal. Seiring berubahnya waktu jamet juga diartikan sebagai "jawa metal" sama dengan arti jajal metal, seseorang yang berlagak keren menggunakan pakaian tapi malah terlihat 'norak'. 

Disebut "jawa metal" karena kata ini merujuk pada orang-orang jawa rantau (waktu tertentu) yang tinggal di kota besar, berpakaian dan berlagak sok keren. Sedangkan kuproy sendiri kepanjangan dari "kuli proyek".

6. Arti bengek di Tiktok


Bengek menunjukan tertawa terbahak-bahak atau konten di dalamnya lucu sekali. Kata bengek menunjukan reaksi penonton pada video tersebut sangat lucu.

7. Arti hyung di Tiktok

Hyung sendiri berasal dari bahasa korea yang artinya kakak laki-laki dan penyebutannya pun khusus, kata ini dipakai oleh adik laki-laki untuk memanggil kakak laki-lakinya. Pada tiktok kata hyung digunakan dalam hal apapun sebagai panggilan ke user lain, yang mana pada makna sebenarnya sudah tidak sesuai.

Itulah beberapa arti kata yang sering terlihat di aplikasi Tiktok. Tidak semuanya digunakan sesuai dengan arti sebenarnya, banyak kata-kata yang sudah berubah dari makna sebenarnya menyesuaikan dengan konteks subjektif.


Silahkan untuk berkomentar yang sesuai dengan topik yang sedang dibahas diatas. Mohon maaf, kami akan menghapus komentar yang berbau P0RN0GRAFI, JUD!, H4CK!NG, 0B4T dan sejenisnya.
EmoticonEmoticon