Kamis, 22 April 2021

Fitur Shortcut Keyboard Google Chrome Yang Harus Kamu Tahu


 Google chrome merupakan web browser paling banyak diminati untuk browsing. Selain karena interface user-friendly, juga karena fiturnya cukup lengkap seperti extension yang dapat membantu pengguna untuk lebih mudah mencari apa yang diinginkan.

Rilis pada tahun 2008 chrome menyita banyak perhatian para pengguna dari tahun ke tahun. Karena fiturnya yang banyak serta mudah digunakan bagi pengguna baru sekalipun. Salah satu open-source software browser tersukses menyaingi pendahulunya, Mozila Firefox.

Fitur Shortcut Google Chrome

Berikut ini merupakan fitur-fitur shortcut keyboard pada google chrome yang perlu diketahui bagi para pengguna Google Chrome. Cara ini dapat mempermudah dalam menggunakan Chrome tanpa harus mengarahkan pointer mouse terlebih dulu serta jauh lebih efisien.

Terkadang kita tidak sengaja menekan mouse yang mengakibatkan tab google chrome terhapus, untuk mengembalikannya kita bisa menggunakan shortcut keyboard, dengan cara berikut ini

Mengembalikan Tab Google Chrome yang Tertutup


Cara untuk mengembalikan close tab pada google chrome yang tidak sengaja tertutup yaitu, klik kanan pada bagian tab yang kosong lalu pilih reopen closed tab. Untuk lebih mudahnya kita bisa menggunakan shortcut CTRL+SHIFT+T 

Otomatis tab yang tertutup akan kembali terbuka dan juga dapat digunakan untuk membuka tab yang lebih lama. Jika digunakan secara terus menerus, perintah shortcut akan terus berjalan hingga perintahnya habis.

Membuat Tab baru Dengan Cepat


Chrome bisa digunakan untuk membuka banyak tab hingga tak terbatas tergantung kapasitas komputer yang kita gunakan. Untuk membuat dan dengan mudah dan cepat kita bisa menggunakan fitur shortcut berikut. CTRL+T

Dengan begitu kita bisa membuat banyak tab baru tanpa menekan mouse. Namun tidak bisa ditekan sekaligus untuk membuat tab baru.

Membuka History Chrome dengan Cepat


Untuk membuka menu history menggunakan mouse memang cukup merepotkan, kita harus pergi kebagian menu pojok kanan atas, klik titik tiga vertikal lalu pilih history, baru riwayat pencarian akan terbuka di tab baru. Untuk mempersingkat itu kita bisa gunakan CRTL+H untuk membuka langsung riwayat pencarian kita.

Membuka Task Manager Google Chrome


Untuk membuka fitur ini, kita gunakan SHIFT+ESC nanti menu task manager akan muncul. Disitu kita dapat melihat proses kerja Google Chrome yang kita gunakan, mengetahui proses apa saja yang berjalan dan mengetahui kinerja komputer kita saat menggunakan Google Chrome.

Menutup Tab Google Chrome Dengan Cepat

Menutup tab pada Google Chrome dengan cepat kita bisa menggunakan tombol perintah CTRL+W secara bersamaan. Nanti hanya tab pada chrome yang sedang dijalankan yang akan tertutup, tidak merubah browsingan pada tab yang lainnya.

Menutup Browser Google Chrome Sekaligus


Untuk dapat menutup semua tab yang sedang kita buka di Google Chrome kita bisa menggunakan cara selain menekan tombol close pada bagian kanan atas browser Chrome. Caranya dengan menekan tombol CTRL+SHIFT+W dengan begitu semua tab dapat tertutup sekaligus. Ada juga menggunakan cara lain, dengan menekan CTRL+F4 yang dapat menutup semua tab browser Google Chrome secara langsung

Mengganti Tab Browsingan Menggunakan Tombol Keyboard


Mengganti tab lain pada Google Chrome bisa dilakukan menggunakan tombol perintah keyboard tanpa harus menggunakan mouse. Caranya adalah menekan tombol CTRL+TAB yang nantinya tab browser akan berpindah ke tab berikutnya. Hasilnya akan membuka tab berikutnya secara berurutan dari tab yang sedang dibuka ke tab selanjutnya dan seterusnya.

Itulah beberapa tombol-tombol perintah yang wajib diketahui para pengguna Google Chrome yang dapat berguna untuk melakukan kegiatan browsing yang lebih efisien. Dengan fitur shortcut ini membantu pengguna melakukan kegiatan browsing yang lebih cepat.


Silahkan untuk berkomentar yang sesuai dengan topik yang sedang dibahas diatas. Mohon maaf, kami akan menghapus komentar yang berbau P0RN0GRAFI, JUD!, H4CK!NG, 0B4T dan sejenisnya.
EmoticonEmoticon