Cara Mengelola Blog Baru Yang Baik Dan Benar (Untuk Pemula)


Setelah kita sudah bisa membuat blog, kita harus bisa mengelola blog tersebut dengan baik, agar blog yang kita sajikan dapat menarik minat pembaca untuk kembali mengunjungi blog kita. bagi pemula, mengelola blog mungkin terlihat sulit, karena baru pertama kali melihat tampilan dashboard blog dan bingung dengan kegunaan apa saja yang ada pada dashboard blog.

Jika anda sudah terbiasa melihat dan sering menggunakan blogger, dengan itu kita terbiasa dan sangat mudah untuk mengelola blog. terutama untuk para pemula yang baru saja membuat blog menggunakan blogger dan kebingungan hal apa yang harus dilakukan ketika kita pertama kali membuat blog.

Cara Mengelola Blog Dengan Baik

Hal paling utama, yang harus kita lakukan setelah membuat blog yaitu mengelolanya dengan baik, agar mendapatkan hasil yang maksimal. tentu saja mengelola blog dengan baik adalah poin penting untuk membangun sebuah blog agar lebih bagus.

Untuk mengelola sesuatu tentunya kita harus mengetahui dulu apa yang akan kita gunakan untuk mengolahnya. begitu juga dengan blog, kita harus mengetahui satu persatu apa saja yang akan kita gunakan untuk mengola blog. ini alasan saya mengapa harus menggunakan blogger sebagai platform membuat blog, itu karena, tampilan pada menu pengelola yang mudah untuk dipahami. walaupun butuh waktu untuk benar-benar memahaminya.

Nah, kita harus paham terlebih dahulu dengan apa yang namanya dashboard pada blogger. hampir mirip dengan dashboard mobil, disitu terdapat menu-menu untuk mengelolanya. jadi jika di dashboard mobil terdapat alat-alat atau tombol untuk menjalankan dan menggunakannya agar berjalan dengan baik, begitu juga dengan dashboard blog.

Memahami Dasar Pengelolaan Blog

Pada dashboard blogger, terdapat menu-menu untuk mengatur blog kita. mengatur tampilan, membuat artikel, menambahkan widget dll. untuk itu pahami dulu dasar pengelolaan pada blog.

Memahami Dasar Pengelolaan Blog

Seperti apa yang ada pada artikel "Cara Membuat Blog" tampilan dashboard blog akan terlihat seperti gambar diatas ini. bisa disebut ini sebagai tempat control utama untuk mengelola keseluruhan blog kita. baik, langsung saja simak apa saja yang ada di dashboard blog dankegunaannya.

1. Postingan
Pada menu postingan, disitu kita dapat membuat sebuah artikel agar ditampilkan pada blog kita. anda juga dapat menyimpan artikel sebagai draft agar tidak dapat tampil pada blog anda. disaat anda membuat artikel disitu terdapat menu-menu yang dapat membantu anda membuat artikel yang bagus dan berkualitas. seperti: memasukan gambar, memasukan video, huruf tebal, miring, garis bawah dan masih banyak lagi

2. Statistik
Di menu statistik, anda akan melihat trafik pengunjung blog anda, berapa banyak pengunjung anda hari ini, kemarin dan total pengunjung yang mengunjungi blog. disitu anda dapat melihat perkembangan blog anda, seberapa banyak orang yang mengunjungi blog anda. agar dapat memacu anda lebih bersemangat untuk meningkatkan kualitas blog.

3. Komentar
Disitu terdapat komentar-komentar yang akan muncul dari pengunjung anda. anda bisa melihat satu-satu komentar yang diberikan pengunjung anda pada setiap artikel yang anda buat. jadi anda bisa juga melakukan interaksi dengan pengunjung melalui kolom komentar.

4. Kampanye
Anda bisa melakukan promosi blog dengan menu kampanye ini. anda akan dibawa ke situs adwords untuk melakukan pengiklanan disana agar blog kalian promosikan sebagai iklan, dan tentunya berbayar.

5. Laman
Pada bagian laman, anda bisa membuat halaman statis untuk blog anda. halaman statis itu seperti apa? halaman yang diam, jikalau kalian mempublish sebuah tulisan menggunakan halaman statis ini, halaman statis ini tidak akan muncul diblog sebagai postingan, kurang lebih seperti itu.

Halaman statis ini juga sering kali digunakan untuk membuat artikel pelengkap situs seperti: privacy policy, tentang blog, sitemap dan lain-lain.

6. Tata Letak
Di Tata Letak, kalian dapat melihat kerangka situs, seperti: bagian header, footer, sidebar, postingan dll. tekterkecuali menambahkan sebuah widget pada blog anda, seperti: postingan populer, Pengikut dan masih banyak lagi. tapi widget yang digunakan terbatas (hanya yang disediakan oleh blogger).

7. Tema
Di tema, kalian dapat mengubah tampilan blog. dan mengatur kode HTML,CSS dsb. kalian dapat mengganti tema bawaan blogger dengan template baru, atau sekedar untuk mengatur warna template dsb.

8. Setelan
Setelan, disitu mengenai setelan/pengaturan yang lebih jauh, seperti contohnya: untuk menghapus blog, mengatur penulis dan lain-lain.

Setelah kita sudah mengetahui dasar-dasar kita dapat melakukan ke langkah yang selanjutnya. untuk memahami lebih dalam, kita memang harus lebih sering mempraktekannya, agar benar-benar terbiasa.

Membuat Tulisan/Artikel Yang Baik Dan Berkualitas

Buatlah tulisan/artikel yang sekiranya bermanfaat, dan terutama mudah dibaca oleh pengunjung anda. karena disini poin yang paling penting membuat sebuah tulisan yang berkualitas. bukan sekedar menulis tulisan biasa, jika kalian ingin memiliki pengunjung blog yang banyak. anda harus memiliki daya tarik pada tulisan anda, ini salah satu cara menarik pengunjung dengan membuat tulisan yang membuat pengunjung nyaman.

Tampilan Blog Yang Baik

Seperti apa sih tampilan yang baik? menurut saya tampilan yang baik adalah tampilan yang ramah, terutama seo friendly. agar pengunjung nyaman berada di blog anda. jadi pilihlah template blog yang baik, nyaman, dan tidak membuat mata sakit. pilihlah template blog yang ringan agar mudah diakses oleh pengunjung.

Perhatikan jenis font pada blog, warnanya, ukuran tulisan dan sebagainya. hindari tampilan blog dengan menggunakan terlalu banyak widget karena dapat memberatkan blog. dan ini sangat mengganggu, bisa-bisa sebelum membaca sudah kabur duluan karena loading lama.

Pahami Seo

Apa itu SEO?
 Seo adalah search engine optimization, yaitu usaha pengoptimalan terhadap blog/website yang dapat meningkatkan peringkat agar lebih baik di mesin pencari. mengoptimalkan blog atau artikel agar dapat muncul di mesin pencari.

Nah, kenapa blog anda sepi?

Mungkin anda juga anda pernah bertanya-tanya, kok artikel saya tidak ada di pencarian google!?

Mungkin karena tidak berada pada posisi terbaik di mesin pencari, jadi pembaca sulit menemukan artikel anda. usaha untuk memunculkan artikel anda kemesin pencari adalah menggunakan SEO.

Bagikan Artikel Dengan Tepat

Untuk mengoptimalkan blog, seo saja tidak cukup karena belum tentu benar-benar membantu menaikan trafik blog. maka dari itu seringlah share artikel untuk menarik pembaca.

Perlu dingat, kembali ke poin "Membuat Artikel yang Baik Dan Berkualitas".

Mengapa demikian? karena untuk memikat pembaca hal utamanya ada ditulisan yang baik. semakin bagus tulisan, pembaca semakin betah, bahkan pembaca akan kembali membaca di blog anda.

Kembali kepoin sharing. manfaatkan sosial media sebagai medium anda untuk membagikan artikel anda, kenalkan blog anda melalui sosial media. hal ini dapat membantu kepopularitasan blog anda. gunakan teknik sharing yang baik.

Pahami Kebutuhan Orang Lain

Jika kalian mengincar pengunjung lebih banyak. pahamilah kebutuhan orang. carilah niche atau topik yang paling dicari, agar blog anda mendapatkan pengunjung yang banyak. tapi jangan sampai melupakan poin-poin diatas.

Yang terpenting, pengunjung akan mendapatkan "sesuatu" dari blog anda. google juga akan memeberikan feedback baik kepada blog anda, jika dianggap bermanfaat dan menerima banyak feedback baik dari para pengunjung anda

Itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai cara mengelola blog yang baik dan benar. semoga bermanfaat untuk kita semua. Happy Blogging!!!

Related Posts