Perbedaan Akun Instagram Bisnis dan Personal

Posting Komentar

Instagram menjadi salah satu media sosial terpopuler di Indonesia, bahkan dunia. Hampir semua public figure ataupun influencer memiliki akun instagram, bahkan platform satu ini memunculkan banyak public figure baru.

Sosial media tidak lagi digunakan sekedar untuk alat penghubung jarak jauh, melainkan digunakan juga sebagai tempat berjualan, atau dikenal dengan jualan online, para pelakunya disebut online shop.

Perbedaan Akun Instagram Bisnis dan Personal

Tren ini tidak bisa dihindari semenjak munculnya internet dan mengenal sistem berjualan online. Sekarang bukan hanya perusahaan besar saja yang memasarkan produk atau jasa mereka melalui dunia digital, namun para UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) juga ikut terlibat dalam hal ini, karena bukan sesuatu yang sulit lagi untuk menjaukau ranah ini. Bahkan, semua orang bisa menggunakan metode berjualan online di sosial media secara mandiri.

Instagram mampu melihat peluang ini sebagai bisnis paling mujarap untuk membantu mempromosikan perusahaan maupun perorangan. Yakni dengan adanya fitur akun bisnis instagram, membantu untuk mempromosikan dan memberi fitur untuk mempermudah dalam hal promosi. Ada akun personal dan akun bisnis Instgram, berikut ini garis besar perbedaan keduanya.

 Akun Personal VS Akun Bisnis Instagram


Akun Personal
, didesain untuk digunakan secara personal, seperti namanya, pada akun instagram personal berisikan fitur standar untuk digunakan untuk kebutuhan pribadi. Seperti, keamanan, archive, dan managemen aktivitas akun.

Akun Bisnis, sudah pasti akun jenis ini memiliki fitur yang berkaitan dengan bisnis, yaitu promosi. Kalian dapat mempromosikan postingan kalian, baik untuk kebutuhan penjualan barang maupun jasa. Tentunya fitur ini berbayar, dengan target audience yang ditentukan.

Selain itu, akun bisnis juga memiliki fitur tambahan yang berbeda dengan akun personal, yaitu Insight. Yang memungkin kan kalian mengetahui aktivitas interaksi akun kalian dengan para audience dan juga followers.

Akan tetapi beda dengan fitur "Your Activity" pada akun personal, fitur ini tetap ada di akun bisnis. Jika fitur "Your Activity" hanya menampilkan lamanya waktu yang kalian habiskan bermain instagram, fitur "Insight" akan menunjukan interaksi kalian dengan para audience, dengan begitu kalian mampu mengevaluasi interaksi untuk meningkatkan penjualan. Ada 3 fitur utama pada insight, yaitu Konten, Aktivitas, dan Audience, untuk mengontrol aktivitas sesuai dengan nama fiturnya.

Kekurangan Akun Personal VS Akun Bisnis Instagram


Perbedaan yang saya temukan pada akun personal dan bisnis, yaitu ada pada private akun instagram. Jika akun personal bisa mengunci profile akun IG kalian, namun tidak untuk akun bisnis. Sebenarnya ini bukan sebuah kekurangan juga, ya karena sudah jelas kegunaan dan manfaat kedua fitur ini berbeda.

Untuk fitur "Request Verification", kedua jenis akun ini bisa menggunakan fitur tersebut. Dengan kata lain, kedua jenis akun ini bisa digunakan untuk meminta centang biru sebagai akun resmi yang diverifikasi instagram.

Related Posts

Komentar